Warga Jakarta dan sekitarnya, dijamin tidak asing dengan makanan bernama bubur ayam. Coba Cari Aja di sepanjang jalan – protokol dan atau kampung–, banyak penjual bubur ayam bertebaran. Ada 5 bubur ayam paling enak di Jakarta yang paling nikmat disantap saat sarapan. Teksturnya yang lembut disantap saat hangat, membuat pencernaan tidak bekerja dengan keras. Tapi beberapa lapak bubur ayam, ada yang buka sampai malam. Sehingga pecinta bubur ayam, bisa menikmati tanpa menunggu datangnya pagi.

bubur ayam paling enak di Jakarta, Aplikasi Pencari Lokasi
Bubur ayam paling enak di Jakarta bisa dicari dengan Cari Aja – dok Agung Han

Caries bisa menjumpai aneka bubur ayam enak, mulai dari Bubur Ayam Cirebon, Bubur Ayam Sukabumi, Bubur Ayam Cianjur dan masih banyak lainnya. Kalau Caries masih bingung, ada yang membuka kedai khusus bubur ayam. Ketika saya coba chek di aplikasi pencari lokasi Cari Aja, beberapa lokasi bubur ayam sudah ada di aplikasi ini.

Aplikasi pencari lokasi Cari Aja adalah aplikasi, yang membantu Caries menemukan berbagai tempat di sekitar Caries berada. Seperti Kuliner, Hotel dan wisata, SPBU, ATM, Bank, Minimarket, Kesehatan, Belanja, Transportasi, Otomotif, Pendidikan dan Tempat. Bagi Caries, yang belum punya aplikasinya. Silakan download Cari Aja melalui Google Play Store.

Selesai download, Caries masuk ke halaman utama, kemudian klik “Kuliner.” Akan keluar semua Sub Kategori, terdiri dari 6 Sub Kategori ( Restoran, Gerai Kopi, Warung dan Tenda, Kafe, Toko Roti dan Kue, Kedai Minuman). Kalau Caries ingin mencari bubur ayam, silakan klik “Warung dan Tenda” lanjutkan dengan menyusuri daftar yang ada.

Cara Praktis mencari Bubur Ayam Enak di Jakarta – dok Agung Han

Atau bisa menggunakan cara pintas dan praktis, agar Caries bisa langsung menemukan daftar bubur ayam enak. Klik atribut “Search” di pojok kanan atas di halaman utama Cari Aja. Tulis “bubur ayam” di kolom atas, dan tulis lokasi yang Caries inginkan.  Klik enter (telusuri), maka muncul daftar kedai bubur ayam enak yang bisa Caries pilih.

Saya punya rekomendasi 5 bubur ayam paling enak di Jakarta yang gak ada tandingannya, siapa tahu Caries ingin mencobanya.

 

Bubur Ayam Cianjur

Saat menyambangi penjual bubur ayam Cianjur, saya menemukan perbedaan dengan bubur ayam lainnya. Bubur diklaim dibuat dari beras kualitas super, si abang penjualnya bilang dari beras pandan wangi. Memiliki warna kuah  agak gelap, campuran dari air kaldu, bumbu dan daun bawang.

Bubur Ayam Cianjur dengan kuahnya yang meluber – dok Agung Han

Seperti bubur ayam pada umumnya, terdapat suwiran ayam, kacang kedelai goreng, kecap manis, irisan seledri tipis. Satu lagi membuat rasa bubur ayam Cianjur beda, ada potekan kecil emping melinjo becampur dengan bumbu. Bagi Caries yang suka pedas, sambal cabe atau ketumbar bubur bisa ditambahkan sesuai selera. Jangan lupa, kerupuk bawang pelengkap hidangan bubur.

Tak perlu ke Cianjur untuk menemui atau menikmati bubur Cianjur, banyak penjual baik yang mangkal atau keliling dengan gerobak. Harga seporsi bubur ayam sangat terjangkau, cukup merogoh uang 10 ribu. Caries bisa menuntaskan rasa penasaran, akan citarasa bubur ayam khas Cianjur. Kalau Caries mau tambah sate ati, sate telor dan makanan pendamping lainnya, akan dhitung sesuai tambahan.

 

Bubur Ayam Cirebon

Caries pasti bisa menebak, bubur khas yang hendak saya ulas –sesuai namanya– ya berasal dari Cirebon. Sekilas dari penampilannya, tidak ubahnya dengan bubur ayam pada umumnya, tapi kalau dilihat lebih jeli pasti ada bedanya.

Bubur Ayam Cirebon. Sumber: travelkompas

Kalau dibandingkan bubur Cianjur (sudah ditulis di atas), Bubur Cirebon ada tambahan irisan cakwe, dan kuah kaldu terdapat aroma rempah. Kalau Caries amati, kaldu bubur Cirebon tampak lebih encer dengan warna kuning terang. Efek dari campuran rempah-rempahnya, sehingga rasa gurih lebih mengemuka.

Mencari penjual bubur ayam paling enak di Jakarta ini dijamin bukan masalah sulit. Mulai dari angkringan di parkiran pusat perbelanjaan, di pojok sekolah atau pasar, emperan ruko atau perkantoran bahkan gerobak dorong juga ada. Harga rata-rata (yang pernah saya beli) sekitar 9 ribu, kalau mau memastikan harga, sebaiknya Caries tanya dulu sebelum dilayani.

 

Bubur Ayam Sinar Mas Garut

Dengan melihat Bubur Ayam Garut sekilas saja, Caries langsung bisa melihat penampakan yang lain dengan bubur ayam lainnya.

Bubur Sinar Mas Garut, seporsinya banyak banget- dok Agung Han

Dari penampilan di awal, sudah jelas bubur ayam Garut ini tidak memakai kuah. Dalam seporsi –satu mangkok nyaris luber, saya sampai tidak sanggup menghabiskan. Bubur ayam khas Garut, disajikan dengan tambahan toping stick keju. Sementara daging ayang dicincang – bukan suwir-, potongan cakwe, tongcai, bawang goreng, irisan selederi.

Kalau mau manis, Caries bisa tambahkan kecap. Atau kalau suka pedas, Caries bisa ambil sambal sesuai selera. Di daerah asalnya di kota Garut sendiri, beberapa nama angkringan bubur ayam menjadi favorit pelanggan. Saya mencoba googling, menemukan beberapa nama angkringan favorit. Sebut saja, bubur ayam 39, bubur ayam sederhana (mang Aip), bubur ayam pak Sofyan, bubur ayam Pak Leres, Mang Eman Bubur Ayam dan lain sebagainya.

Sementara untuk daerah seputaran Jakarta, Bubur Ayam Sinar Mas Garut cukup punya nama. Selain di daerah Margonda Depok, ada juga di Ragunan serta satu lagi di Kampung Utan Ciputat. Selain menu Bubur Ayam, ditempat yang sama juga dijajakan makanan lain dibawah payung “Sinar Mas Garut.”

Ada Mie instan, roti bakar, pisang panggang, dengan aneka pilihan topping seperti keju, cokelat, meises dan susu kental manis. Bagi penyuka ice teller, silakan pesan es teller dengan campuran kopyor, kolang kaling, alpukat ditumpuk es batu serut.

 

Bubur Ayam Monas

Jangan salah, meskipun bernama bubur ayam Monas, bukan berarti lapak si penjual ada di daerah Tugu Monas Jakarta Pusat. Bubur ayam yang sudah berdiri sejak awal tahun 2000an, tersebar di beberapa tempat di Jakarta. Seperti di Condet, Benhil, Tanjung Duren, Taman Aries, Kelapa Gading, Radio Dalam, Ny Cirebon dan Bintaro.

Mencari Bubur Ayam Monas melalui Cari Aja- SS Agung Han

Saat membuka aplikasi pencari lokasi Cari Aja, saya tulis “bubur Ayam’ muncul gerai yang ada di daerah Bintaro. Setelah saya lihat dengan seksama, lokasinya di deretan lapak yang ada di dekat parkiran Bintaro Plaza. Bagi Caries yang ingin datang ke lokasi Bubur Ayam Monas, bisa mengandalkan map/ peta yang ada di Aplikasi Cari Aja.

Selain penunjuk arah menuju lokasi, juga dipandu dengan foto dengan penampakan tenda dan spanduk “Bubur Ayam Monas”. Rasa bubur yang gurih dan agak encer, menjadi ciri khas Bubur Ayam Monas. Terdapat sedikit bihun, taburan bawang goreng, kacang kedelai, ayam potong dadu (bukan suwir) dan cakwe. Caries bisa menambah dengan beberapa menu pendamping, seperti sate ati, sate rempela, sate usus, sate jantung.

Selain bubur ayam sebagai menu utama, di bubur ayam paling enak di Jakarta ini juga tersedia nasi uduk dengan lauk ayam goreng, tahu dan tempe. Kalau abis olah raga di akhir pekan, biasanya Bubur Ayam Monas ini diserbu pelanggan. Saran saya, sebaiknya datang agak pagi. Kalau siangan sedikit, biasanya sudah kehabisan.

 

Bubur Ayam Radio Dalam Pak Yon

Kalau Caries melintasi daerah kampung utan Ciputat, di seberang perumahan Graha Hijau ada Bubur ayam Radio Dalam (Barda) Pak Yon. Tempatnya memang sederhana, namun buburnya yang kental dan gurih membuat bubur ini digemari pecinta bubur ayam. Seporsi Barda Pak Yon. Dihargai 14 ribu dengan campuran –nyaris sama dengan bubur ayam lainnya– cakwe, ayam suwir, seledri, bawang dan kuah berwarna kuning rempah.

Bubur Barda Pak Yon di Kampung Utan Ciputat – dok Agung Han

Dari sisi pelayanan cukup tangkas dan ramah, yang membuat terlihat rapi, semua pegawainya berseragam khusus. Bagi konsumen yang makan di tempat, tak perlu kawatir kurang kerupuk, karena bisa mengambil sesuka hati alias gratis, spesial hanya ditemukan di tempat makan bubur ayam paling enak di Jakarta ini.

Selain bubur ayam, Barda Pak Yon juga menyediakan soto ayam ceker yang tidak kalah enaknya. Tapi saya tidak akan bahas yang soto, khusus artikel ini fokus ke buburnya saja –hehehe.

Saya yakin, pasti masih banyak bubur ayam paling enak di Jakarta – selain lima diuraikan di atas—yang belum saya ketahui. Kalau Caries punya informasi bubur ayam paling enak di Jakarta menurut Cariers, kenapa tidak dibagi kepada saya atau pembaca yang lain.

Pasti orang lain akan senang, mendapat tambahan referensi bubur ayam enak yang belum diketahui. Bukankah berbagi hal yang baik, akan mendatangkan berkah bagi diri sendiri. Kalau bubur ayam enak yang Caries temui, ternyata belum ada di aplikasi pencari lokasi Cari Aja bisa ditambahkan. Caranya cukup mudah, tinggal klik fitur “Tambah” dan isi kolom sesuai pertanyaan, masukkan foto kemudian klik “Tambahkan”.

Beres kan ! Yuk saling berbagi informasi, pastinya menyenangkan kalau bisa membantu orang lain.

Penulis: Agung Handoyo