Mendengar kata Jogja, salah satu yang teringat dipikiran kita adalah gudeg. Kuliner khas Jogja yang memiliki dominan rasa manis ini menjadi salah satu maskot wisata kuliner kota Yogyakarta. Saking banyaknya, kamu akan mudah menemukan tempat makan gudeg di Jogja yang menjajakan masing – masing gudegnya. Tapi kamu wajib mencoba gudeg terkenal di Jogja yang rasanya legendaris dan selalu ramai pembeli.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg ini sudah melegenda dan bahkan sudah menjadi perbincangan banyak wisatawan yang sudah pergi Jogja. Bahkan rasanya tidak salah menjadikan Gudeg Yu Djum sebagai ikon gudeg Jogja. Bahkan cabangnya sudah ada dimana – mana. Tapi wajib mencoba di salah satu pusatnya yang berada di daerah Kaliurang untuk bisa melihat dapurnya secara langsung.

gudeg terkenal di Jogja, Gudeg Yu Djum, Carimakanaja
Gudeg Yu Djum. Gudeg Jogja, Carimakanaja.com (Foto: IG @e_ndro)

Berdiri sejak 1951, salah satu gudeg terkenal di Jogja ini memiliki cita rasa khas yang sudah melegenda. Cara memasaknya yang masih menggunakan tungku tradisional menggunakan kayu bakar pun tetap dipertahankan hingga sekarang untuk menjaga cita rasa otentik.  Gudeg Yu Djum memiliki jenis gudeg kering yang rasanya manis. Gori atau nangka muda, ayam kampung, telur semur , tempe, tahu dan kreceknya yang pedas akan mengenalkan kamu salah satu cita rasa khas Jogja.

Gudeg Yu Djum juga bisa kamu jadikan oleh – oleh, karena kuliner ini bisa tahan berhari hari. Biasanya dikemas dalam bentuk besek. Untuk satu porsi harganya mulai dari Rp11.000 – Rp45.000 tergantung lauk yang dipilih.

Lokasi: Gudeg Yu Djum Pusat, Karangasem mbarek CT III, Jl Kaliurang Km 45, Sleman, Yogyakarta

Jam Buka: Setiap Hari (05.00 – 19.00 WIB)

2. Gudeg Pawon

Seperti namanya, pawon yang berarti dapur, gudeg pawon memberikan sensasi makan gudeg di dapurnya langsung. Cara memasaknya yang masih menggunakan tungku tradisional ini tentu menarik perhatian para penikmatnya, bahkan para pengunjung rela mengantri dan berdesak – desakan untuk menimati seporsi gudeg yang berdiri sejak tahun 1958 ini.

gudeg terkenal di Jogja, Gudeg Pawon, Carimakanaja
Gudeg Pawon. Gudeg Jogja, Carimakanaja.com, (Foto: IG @jogjabikinlaper)

Gudeg terkenal di Jogja ini hanya buka selama 3 jam dan hanya di malam hari saja. Makanya tidak heran selalu ramai pembeli selain rasanya yang pastinya enak. Gudeg Pawon  menyajikan jenis gudeg basah yang dilengkapi dengan ayam kampung dan sambal krecek yang pedas serta lauk pelengkap lainnya. Rasa menunggu di dekat perapian tungku tradisional akan terbayarkan dari suapan pertama Gudeg Pawon ini. Satu porsi gudeg pawon harganya mulai dari Rp11 ribuan.

Lokasi: Jl Janturan 36 -38, Warungboto, Yogyakarta.

Jam Buka: Setiap Hari (22.30 – 01.00 WIB)

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg memang identik dengan dominan rasa manis, namun kamu penyuka masakan pedas bisa mencoba gudeg mercon Bu Tinah. Mendengar namanya saja, terbayang bagaimana rasanya gudeg dengan rasa pedas.

gudeg terkenal di Jogja, Gudeg Mercon Bu Tinah, Carimakanaja
Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg Jogja, Carimakanaja.com (Foto: IG @gembulfoodie)

Lauk pauknya sendiri tidak ada yang berbeda sama seperti gudeg lainnya. Rasa gurih gudegnya pun tidak ketinggalan. Dijamin para pecinta kuliner pedas akan dibuat keringetan dan lidah kepedasan. Gudeg Mercon Bu Tinah baru buka pukul 9 malam Cariers. Meskipun sudah malam hari, tapi antriannnya tidak pernah sepi untuk mencoba gudeg rasa pedas ini. Satu porsi harganya mulai dari Rp16.000.

Lokasi: Jl Asam Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam Buka: Setiap Hari (21.00 – 01.00 WIB)

4. Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg terkenal di Jogja yang wajib dicoba selanjutnya adalah Gudeg Manggar Manding. Uniknya gudeg di sini adalah penggunaan bahan manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Tidak seperti gudeg pada umumnya yang menggunakan nangka muda.

gudeg terkenal di Jogja, Gudeg Manggar Bu Jumilan, Carimakanaja
Gudeg Manggar Bu Jumilan. Gudeg Jogja, Carimakanaja.com, (Foto: IG @kulineryogya)

Namun sayangnya gudeg ini tidak banyak orang yang tahu, karena memang sekarang ini sudah langka yang menggunakan bahan manggar. Salah satu yang bisa ditemukan adalah Gudeg Manggar Bu Jumilan yang ada di daerah Bantul.  Jangan khawatir soal rasa, karena rasa otentik gudeg yang manis dan pedas sambal kreceknya tetap sama. Hanya yang membedakan teksturnya yang lebih padat dari yang lainnya.

Karena langkanya, para wisatawan yang mengunjungi Bantul selalu menyempatkan diri mencicipi Gudeg Manggar. Jangan kaget ya kalau antriannya banyak. Karena rasanya juga enak dan gurih. Harga satu porsinya mulai dari Rp8000 an.

Lokasi: Jl Srandakan Km.8, Mangiran, Srandakan, Bantul, Yogyakarta

Jam Buka: Setiap Hari (05.00 – 14.00 WIB)

5. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Legendaris banget Cariers. Jika kebanyakan para pemiliknya meneruskan usaha berjualan gudeg secara turun temurun, Gudeg Mbah Lindu masih diolah oleh Mba Lindu sendiri. Legend banget kan. Selain memasak sendiri, beliau bahkan masih melayani para pembeli secara langsung.

gudeg terkenal di Jogja, Gudeg Mbah Lindu, Carimakanaja
Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Jogja, Carimakanaja.com (Foto: IG @dwiarifwicaksono)

Gudeg Mbah Lindu sudah ada sejak masa penjajahan Jepang lho, kamu bisa mendengar kisahnya dari Mbah Lindu langsung. Warungnya yang sederhana tidak mengurangi cita rasanya yang lezat dan otentik dari nangka muda, sambal krecek, telur semur dan ayam. Bahkan disebut – sebut rasanya tetap sama dari masa penjajahan dulu lho. Untuk menikmati gudeg legendaris ini kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp15.000-an.

Lokasi: Jl Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Jam Buka: Setiap Hari (05.00 – 10.30 WIB)

Kamu sudah mencoba gudeg terkenal di Jogja yang mana Cariers? Atau bagi yang belum sudah tidak bingung lagi mau makan dimana ya kan.

Cari Aja bisa membantu kamu menemukan gudeg terkenal di Jogja tersebut dengan mudah lho. Kamu juga bisa melihat review langsung dari orang yang sudah pernah mengunjunginya. Jadi agar kamu semakin yakin mengunjungi tempat makannya langsung.