Budaya minum kopi di Indonesia belakangan ini semakin meningkat dan menjadi bagian gaya hidup bagi anak millenial. Tak heran dari hari ke hari banyak tempat ngopi yang baru dibuka dan menawarkan minuman kopi masing – masing yang menarik. Salah satunya ada tempat ngopi menarik yang baru buka pertengahan tahun 2018 bernama Kopi Tuli atau Koptul. menarik perhatian masyarakat khususnya untuk para pecinta kopi. Tempat ngopi di Depok ini tidak hanya menawarkan rasa otentik kopi dari Indonesia, tapi banyak pengalaman mengesankan yang bisa kamu dapatkan di Koptul (Kopi Tuli).

Cerita di Balik Nama Kopi Tuli

tempat ngopi di Depok, Kopi Tuli, Cari Makan Aja
Kopi Tuli Depok, Tempat ngopi di Depok. Carimakanaja.com (Instagram: @paramytha.ratih)

Mendengar namanya saja, mungkin akan membuat rasa penasaran muncul. Sesuai namanya, Koptul dibuka berdasarkan pengamalan para pendirinya yang merupakan seorang difabel tuna rungu. Bermula dari para pendirinya, Mohammad Adhika Prakoso dan Putri Sampaghita Trisnawinny Santoso yang sulit mencari pekerjaan karena keterbatasan kondisi yang dimilikinya, hingga mereka akhirnya memutuskan membuka coffee shop dengan mengajak satu temannya lagi Tri Erwinsyah Putra.

Tanpa memiliki kemampuan mengolah kopi secara ahli, ketiganya bertekad kuat belajar dari nol untuk belajar membuat kopi dan membangun sebuah coffee shop yang kini jadi banyak menarik perhatian para pembeli dan jadi tempat ngopi di Depok paling favorit di kalangan anak muda.

Fakta Menarik Koptul

Sebelum merasakan rasa otentik Koptul, kamu akan disuguhkan kemasan menarik yang berbeda dari kopi – kopi lainnya. Setiap kemasan Koptul terdapat bahasa isyarat yang bisa digunakan oleh siapa saja khususnya untuk pengunjung yang belum tahu sama sekali tentang bahasa isyarat. Benar – benar bermanfaat sekali kan Cariers.

tempat ngopi di Depok, Kopi Tuli, Cari Makan Aja
Kopi Tuli Depok, Tempat ngopi di Depok. Carimakanaja.com (Instagram: @dharmanputra)

Selain kemasan yang unik, di Koptul juga tidak disediakan wifi. Hal ini karena pemilik ingin para tamu yang membeli kopi tidak sibuk dengan gadget masing – masing dan agar bisa saling berkomunikasi langsung dengan teman. Bahkan banyak para pengunjung yang jadi tertarik untuk belajar bahasa isyarat sekaligus menikmati Koptul.

Para pendirinya juga membantu teman – teman tuna rungu untuk jadi lebih produktif melalui Koptul ini. Kamu pun tidak perlu khawatir kesulitan memesan kopi di sini, karena mereka bisa membaca gerakan bibir para pengunjungnya dengan mudah.

Berbagai Menu Kopi

Selain rasa kopi yang enak, nama masing – masing minumannya pun dibuat sangat menarik. Seperti Kopi Siput yang jadi minuman favorit di Koptul. Kopi Siput ini merupakan kopi yang dicampur dengan buah alpukat.

tempat ngopi di Depok, Kopi Tuli, Cari Makan Aja
Kopi Tuli Depok, Tempat ngopi di Depok. Carimakanaja.com (Instagram: @koptul.id)

Selain kopi, ada Kopi Daun. Tidak menggunakan biji kopi seperti kopi pada umumnya tapi justru menggunakan daun kopi, seperti teh, Tapi rasa kopi tetap terasa dan racikan menu ini didapat dari tradisi minum kopi masyarakat Minangkabau. Kamu juga bisa mencoba kopi lainnya seperti Matahari, Kosu Tanah dan masih banyak lagi. Harga kopinya pun cukup terjangkau berkisar mulai dari Rp18.000-an saja.

Lokasi dan Jam Buka Kopi Tuli

Tempat ngopi di Depok ini berada di Jalan Krukut Raya No.70, Limo, Depok dan buka setiap Hari Selasa – Minggu mulai jam 2 siang hingga 9 malam. Cabang keduanya berada di Kindo Square A9, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, buka setiap hari Senin – Jumat mulai jam 9 pagi hingga 9 malam.

Tertarik mengunjungi tempat ngopi di Depok tersebut Cariers?  Kopi Tuli pastinya siap memberikan kenangan yang berkesan dari secangkir kopinya 🙂

Selalu gunakan Cari Aja untuk mencari dan menambahkan tempat favorit yang kamu kunjungi ya:)