Cariers, setuju nggak kalau kuliner kaki lima enak di Bandung punya daya tarik dan pesonanya sendiri? Iya apa iya banget?

kuliner kaki lima enak di Bandung
Deretan kuliner kaki lima enak di Bandung

Selain enak, harganya yang terjangkau, cocok buat Cariers yang hobi backpackeran. Bandung termasuk kota yang punya banyak stok kuliner kaki lima yang bikin kenyang, dan punya cita rasa yang khas. Cari Aja mau bahas kuliner kaki lima enak di Bandung sekitar Cikapundung yang bakalan bikin ketagihan.

Cikapundung yang terletak di pusat Kota Bandung ini berada di sekitaran Braga, Alun-alun, dan Jalan Asia Afrika. Jadi habis Cariers puas jalan-jalan dan foto-foto ditemani aplikasi pencarian tempat Cari Aja, langsung aja ‘cus’ ke Cikapundung buat memenuhi panggilan perut yang sudah menari-nari lincah minta diisi.

Jalan Cikapundung Barat malam tampak berdiri warung-warung tenda yang berjajar di sisi kanan dan kiri jalan. Makanan yang ditawarkan beragam, dari berbagai camilan khas Bandung hingga makanan berat menggugah selera. Cocok untuk mengisi perut sampai kenyang atau sekadar membeli camilan teman perjalanan menjelajah daerah sekitarnya yang ditata sedemikian rupa sehingga cantik sebagai latar foto.

Buat Cariers yang kepengin makanan berat, kuliner kaki lima enak di Bandung sekitar Cikapundung ini wajib dicoba.

 

1. Dapur Cobek Dadakan

kuliner kaki lima enak di Bandung
Dapur Cobek Dadakan

Cariers, warung tenda satu ini menyediakan dua jenis tempat duduk yang bisa kamu pilih. Bisa duduk di kursi atau lesehan. Ada beragam menu yang disuguhkan, seperti bekakak bakar, bekakak penyet, gurame goreng dan bakar, nila bakar, lele goreng, ayam penyet, bebek goreng dan bakar. Selain itu tersedia tumis-tumisan seperti tumis kangkung, tumis jamur, dan terong balado. Bagi Cariers pencinta sop juga ada pilihan sop iga dan sop buntut.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Berbagai varian menu di Dapur Cobek Dadakan

Kekhasan Dapur Cobek Dadakan ini terletak dari menu makanan cobeknya dan sambal yang super pedas. Harganya jelas enggak bikin syok, untuk tumis-tumisan dibanderol 10 ribuan saja, sedang untuk paket bebek 35 ribuan, ikan 30 ribuan, dan ayam 25 ribuan. Disebut paket karena sudah termasuk tempe, tahu, sayuran untuk dicocolkan ke sambal, dan nasi. Satu paket dijamin bikin perut penuh.

Kuliner kaki lima enak di Bandung ini buka dari jam 4 sore sampai jam 12 malam, dan hanya tutup di hari Senin.

 

2. Bubur Ayam PLN

kuliner kaki lima enak di Bandung
Bubur Ayam PLN

Siapa bilang makan bubur nggak bikin kenyang?

Cobain deh makan di Bubur Ayam PLN yang porsinya besar. Warung tenda satu ini memang hanya memiliki satu menu saja, tapi bubur ayamnya istimewa loh, Cariers. Soalnya pakai ati ampela dan telur ayam.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Gerobak Bubur Ayam PLN

Dengan harga 15 ribuan, pastinya ramah dompet. Jam bukanya dari setengah 6 sore sampai jam 12 malam. Buka dari hari Jumat sampai Minggu. Bubur ayam satu ini letaknya berada di ujung jalan, jadi mudah dicari.

 

3. Si Gobing

kuliner kaki lima enak di Bandung
Tempat makan Si Gobing

Siapa nih yang mengaku nasi goreng addict?

Cari Aja nemu nasi goreng yang khas dan spesial dengan racikan 24 rempah dan daging kambingnya. Yes, nama tempatnya ‘Si Gobing’ yang merupakan singkatan dari nasi goreng kambing. Resep unik ini dibuat oleh pemilik warung tendanya sendiri, yaitu Pak Dirman.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Proses pembuatan nasi goreng Si Gobing

Pilihan menu juga banyak. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng pete, dan nasi goreng sea food. Tapi menu khasnya nasi goreng kambing dan nasi goreng ikan asin jambal. Harganya bikin senyum kok, berkisar 21 ribu hingga 30 ribuan saja. Buka dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. Jangan lupa perjalananmu ke sana ditemani aplikasi pencarian tempat Cari Aja biar makin mantap!

 

4. Mie Kocok Barokah

kuliner kaki lima enak di Bandung
Tempat makan Mie Kocok Barokah

Kuliner kaki lima enak di Bandung yang satu ini buka 24 jam, bahkan di hari-hari raya. Jadi kalau Cariers ke Bandung dan bingung nyari tempat makan 24 jam yang menyuguhkan menu makanan khas Bandung, inget aja Mie Kocok Barokah.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Mie Kocok Barokah

Menunya hanya satu: mie kocok. Keistimewaannya terletak di bahan baku dan resepnya. Menurut pemiliknya, H. Toto, usaha yang dirintisnya sejak tahun 1982an itu selalu memakai bahan terbaik dan berkualitas tinggi. Misalnya nih kaki sapi yang digunakan adalah kaki sapi lokal asli dan bukan kulitnya. Sambalnya terbuat dari cabai-cabai segar pilihan. Enggak ragu dong nyoba mie kocok yang bakal bikin ketagihan ini?

 

5. Sea Food Barokah

Ketika Cariers membuka aplikasi pencarian tempat Cari Aja untuk nyari tempat makan yang buka 24 jam, Cariers bakal menemukan Sea Food Barokah. Sejak berdiri tahun 2000an, warung tenda satu ini hampir enggak pernah tutup.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Sea Food Barokah

Satu porsi makanan di sini cukup buat bikin kenyang 2 orang karena banyak banget! Makanya harga rata-rata 60 ribuan itu worth it. Tempat satu ini terkenal dengan cumi bakarnya, tapi pilihan menu lainnya juga enggak kalah enaknya loh.

Menunya banyak, ada cumi saos tiram, udang asam manis, bawal bakar, gurame bakar, dan seabreg menu sea food lainnya. Selain resep rahasia milik Ibu H. Toto, yang bikin rasa makanannya juara juga karena bahan makanan di sini selalu terjaga kesegarannya. Sea Food Barokah juga menerima pesanan buat acara-acara.

kuliner kaki lima enak di Bandung
Tempat makan Sea Food Barokah

Ini nih harga-harga paketannya: paket ayam berkisar 20 ribuan, paket pecel lele 20 ribuan juga, paket bebek 25 ribuan, paket kepiting 70 ribuan, dan paket kerang 35 ribuan. Sedang untuk paket cumi, ikan, dan udang 60 ribuan. Selain itu cah kangkung sea food-nya juga sedang dan isinya segambreng karena pakai udang, cumi, hati ampela, dan telur puyuh. Harganya cuman 35 ribuan dan bisa dinikmati bareng pasangan, hehe.

Itu dia ragam kuliner kaki lima enak di Bandung sekitar Cikapundung yang siap bikin Cariers ketagihan dan kepengin liburan ke Bandung terus. Yuk, menjelajah kuliner bareng Cari Aja.

Penulis: Eva Sri Rahayu