Indonesia, ibarat surga kuliner bagi penduduknya. Setiap daerah, memiliki keunikan dan citarasa makanan khas tiada dua salah satunya Kuliner Khas Betawi.

Cari Aja makanan khas di sekitar daerah Caries tinggal, saya yakin pasti tidak terlalu sulit.  Soal harga jangan ditanya, dijamin akrab di kantong (tergantung tempat sih).

Selama tinggal di seputaran Jakarta, mencari makanan Betawi bukan masalah sulit. Dari warung kaki lima, rumah makan kelas menengah sampai sekelas restoran, ada yang khusus menjual menu Betawi.

Pendek kata, kapan kita pengin dan mau makanan Betawi. Keluar rumah, jalan sedikit saja sudah ketemu menu Betawi

So, tidak perlu repot donk.

Etapi, misalnya Caries kebetulan sedang berlibur atau baru merantau ke satu kota. Kemudian pengin menemukan makanan khas daerah tersebut, tak perlu bingung dan pusing.

aplikasi pencarian tempat Cari Aja
Aplikasi pencarian tempat Cari Aja

Aplikasi pencarian tempat CariAja, siap membantu mencari apapun dan di manapun Caries berada. Fitur yang disajikan cukup lengkap, sanggup mengakomodir kebutuhan Caries akan informasi.

Cukup download melalui Play Store, kemudian tinggal ekpslor deh. Melalui aplikasi pencarian tempat Cari Aja, Caries bisa menemukan berbagai tempat seperti Restoran, SPBU, ATM, Toko, tempat belanja, Hotel, Bank, transportasi dan masih banyak yang lainnya.

Eit’s, tidak sekedar informasi tempat saja. tapi juga dipandu –melalui maps/peta— memilih lokasi terdekat (ada perkiraan jarak) sekaligus rute yang ditempuh – Caries gak perlu kawatir nyasar.

Kalau masih bingung juga, via aplikasi pencarian tempat CariAja, Caries bisa mendapatkan kontak (misal rumah makan) yang akan Caries datangi.

Melalui contact di lokasi yang dituju, Caries bisa menanyakan berbagai hal –menu, harga, patokan lokasi—sehingga lebih jelas.

Kalau masih ragu enak atau tidak masakannya, nyaman atau tidak tempatnya. Jangan kawatir, ada review/ulasan dari caries lain yang pernah datang.

Hal ini sangat membantu, sebagai bahan pertimbangan, sebelum memutuskan datang atau tidak ke tempat tersebut.

 

Kuliner Khas Betawi

Kali ini, saya coba merangkum, beberapa Kuliner Khas Betawi. Menilik namanya, selain sangat familiar harganya dijamin pas di kantong.

 

Nasi Uduk Betawi

Hayoo ngaku, siapa tak kenal nasi uduk ?

Saya yakin, Caries pasti sudah kenal nasi uduk. Kuliner Khas Betawi ini, sangat mudah ditemukan di berbagai sudut ibu kota.

kuliner khas Betawi
Nasi Uduk Betawi

Sangat cocok, dijadikan sebagai sajian saat sarapan dan makan malam. Wajar, kalau Caries menemui warung nasi uduk betawi, buka pada pagi atau malam hari saja.

Sejauh pengalaman saya, susah mencari dan membeli nasi uduk di siang hari –mungkin kurang cocok ya.

Beberapa warung yang saya temui, ada di daerah Kampung Utan Ciputat. Meski warung tenda, tapi lumayan ramai pembeli.

Nasi uduk, dibuat dari nasi putih biasa. Yang membuat nasi uduk berbeda, ketika nasi putih dimasak setengah matang.  Melewati sebuah proses, pencampuran dengan rebusan santan—sampai mendidih—ditambah daun salam, garam, jahe dan lengkuas.

Nah, setelah masing-masing bagian –nasi dan santan- sudah siap, kedua dicampur diatas api kecil dengan cara diaduk-aduk. Setelah beberapa menit –dirasa sudah menyatu–, baru api dimatikan.

Hasilnya, Caries bisa mencium aroma khas yang sangat harum. Biar lebih tanak lagi, nasi uduk dikukus sampai benar-benar matang .

Nasi uduk rasanya gurih, saat penyajian dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Semakin mantap, disantap bersama tempe orek, bihun/ mie goreng, telur (disemur/ balado), tahu tempe (semur/goreng). Kriukan dari krupuk, membuat semakin seru bersantap nasi uduk.

Tapi, komposisi menu bisa menyesuaikan selera.

 

Gado-gado dan Kredok Betawi

Makanan Gado-gado atau Karedok, saya yakin sudah tidak asing. Hampir setiap daerah di Indonesia, punya gado-gado dengan versi dan ciri khas sendiri.

Kalau di Jakarta, beberapa penjual gado-gado sudah satu paket dengan jualan karedok. Karena bahan kedua makanan ini nyaris sama, bedanya sayuran untuk bahan gado-gado sudah dikukus, sementara karedok berbahan sayuran mentah.

kuliner khas Betawi
Kredok Betawi

Selain bahan sayuran, ada campuran bumbu yang membedakan. Saus kacang pada gado-gado, terdiri dari kacang yang sudah dihaluskan ditambah gula merah, garam, cabe sesuai selera.

Sementara saus kacang pada karedok, saus kacang gado-gado yang sudah jadi tinggal ditambah kencur dan bawang putih kemudian diuleg halus.

Gado-gado atau karedok, cocok disantap saat makan siang. Biasanya penjual gado-gado, tidak berjualan pada pagi atau malam hari.

Warung Gado-gado dan Kredok Betawi, yang menurut saya cukup recommended. Adalah warung di deket kampus UIN, tepatnya di Jl WR. Supratman arah Bintaro. Silakan Caries sambangi.

 

Ketoprak

Nama ketoprak, yang saya maksud bukan kesenian tradisional dari Jawa Tengah ya. Memang namanya sama, tapi ketoprak yang ini adalah Kuliner Khas Betawi.

kuliner khas Betawi
Ketoprak

Ketoprak dari Betawi, makanan khas yang bisa disantap setiap waktu. Caries bisa menemui penjual ketoprak, baik pada pagi, siang, sore sampai malam hari.

Ada yang dijual dengan memakai gerobak dorong, ada yang mangkal, bahkan ada berjualan dengan memakai lapak.

Dari sisi harga jangan kawatir, sangat bersahabat buat dompet anak kost sampai pekerja kantoran. Tapi jangan salah, bos besarpun juga ada yang suka dengan ketoprak.

Cara menyajikan ketoprak cukup unik, beberapa buah cabe (sesuai selera) diuleg langsung di atas piring—saya suka kawatir piringnya pecah.

Komponen utama ketoprak,  terdiri dari ketupat, tahu, bihun, mentimun, taoge, dilengkapi dengan saus kacang  ditambahi kencur dan kecap.

Taburan bawang goreng, mempermanis penampilan ketoprak. Jangan lupa biar tambah sedap, sertakan kerupuk bawang –bentuknya bulat kecil—atau emping melinjo.

Abon Jambrong

Nama Abon Jambrong, mungkin masih belum begitu familiar di telinga. Namun, saat ini ada teman, sedang berusaha memperkenalkan Abon Jambrong, sebagai alternatif oleh-oleh khas Jakarta sekaligus Kuliner Khas Betawi.

kuliner khas Betawi
Abon Jambrong

Jambrong sendiri adalah sejenis ikan yang hidup di pesisir pantai, ada yang menyebut ikan kerong-kerong, atau ikan terapon. Seperti ikan umunya yang hidup di daerah pesisir, rasa ikan Jamborng  cenderung asin

Cara pengolahannya cukup simple, ikan jamborng yang sudah dijemur dihancurkan, dicampur bawang merah, bawang putih, cabai dan rempah- rempah alami.

Rasa abon jambrong yang –tidak terlalu– asin, sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Namanya juga abon, jadi enak dijadikan makanan pendamping.

Usaha Abon Jambrong, adalah usaha rumahan yang ada di daerah Lebak Bulus dan Depok.

 

Cara mencari tempat makan di Cari Aja
Cara mencari tempat makan di Cari Aja

Caries sangat bisa mengeskplor, aneka kuliner khas Betawi atau kuliner khas di tempat Caries tinggal. Atau kalau masih bingung, Caries bisa mengandalkan aplikasi pencarian tempat Cari Aja.

setelah download CariAja melalui Play Store, silakan halaman utama dan klik “Kuliner.” Kemudian pilih sub kategori yang diinginkan (Restoran, gerai kopi, warung dan tenda, dsb).

Atau bisa melalui fitur “Terdekat” – di bagian bawah wall utama–, kemudian pilihan kategori diiginkan, setelah itu klik kotak di baris pilihan “kuliner” dan OK.

Kemudahan yang dipersembahkan CariAja, niscaya membantu Caries menemukan tempat makan enak yang sesuai selera.

Atau kalau ada tempat kuliner khas, ternyata belum ada di CariAja. Bisa lho, Caries menambahkannya. Caranya, cukup klik “Tambah” di wall utama, kemudian ikuti instruksi yang ada.

Wah pasti seneng dong, bisa berbagi informasi dengan Caries lainnya.

Penulis: Agung Handoyo