Halo Cariers… Adakah Sobat Cariers di sini dari luar kota dan ingin ke Jakarta? Tentunya kalo ke Ibu Kota gak cuma cari tempat wisata di Jakarta aja kan ya. Makanan khas daerahnya pun juga harus dicicipi. Apalagi, di jaman serba social media saat ini, kuliner dijadikan sebagai bahan “ngasih makan” untuk socmed pribadi. Ada yang foodblogger atau reviewers kuliner juga di sini? Nah, bagi Sobat Cariers yang main ke Jakarta, saya punya rekomendasi destinasi makanan khas Betawi yang wajib banget buat dicoba. Tentu, gak lupa juga buat di foto-foto dan upload di instagram. Kids jaman now banget ini.

Btw, bila bahas makanan khas Betawi di Jakarta sebenarnya banyak nih sobat Cariers yang hits dan enak. Contohnya aja 3 wisata makanan khas Betawi di jakarta ini. Tapi, di artikel ini, saya mau ngasih tahu tempat wisata kulineran yang jarak lokasinya saling berdekatan dan bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki.

Makanan Khas Betawi
Soto Betawi Bang Japri

Pada wisata kuliner makanan khas Betawi di sini juga bisa sekalian sebagai destinasi jalan-jalan Sobat Cariers di Jakarta. Oke, langsung lanjut aja ke destinasi kulinernya ya.

 

Makanan Khas Betawi Pertama: Soto Betawi Bang Japri, Sarinah

Makanan Khas Betawi
tempat makan di Soto Betawi Bang Japri

Kalo Sobat Cariers mau berkunjung ke Jakarta, cobalah mengunjungi pusat perbelanjaan lokal Sarinah. Selain punya nilai sejarah yang kuat, di mall Sarinah ini kamu juga bisa melihat-lihat aneka kerajinan tangan khas penduduk lokal nusantara, dari berbagai daerah ada di sana.

Gedung Sarinah ini dibangun oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Nilai sejarah yang kuat, bisa mennjadi wisata edukatif penambah pengetahuan dan pengalaman keren dalam berkunjung ke Jakarta.

Di Sarinah, Sobat Cariers apabila sudah puas berbelanja aneka handmade penduduk lokal, dan bisa banget mampir ke Soto Betawi Bang Japri, Sarinah. Lokasinya ada di lantai dasar, masuk area foodcourt.

Soto Betawi sebagai makanan khas Betawi emang udah bisa dipastikan jadi kulineran wajib bagi Sobat Cariers yang mau berkunjung ke Jakarta. Sedikit informasi, Soto Betawi ini ada dua macamnya menurut versi saya. Pertama, Soto Betawi yang menggunakan santan. Kedua, Soto Betawi yang menggunakan susu.

Makanan Khas Betawi
Soto Betawi Bang Japri super enak

Nah, Soto Betawi Bang Japri yang ada di sarinah ini menggunakan  santan. Soal rasa, tetap enak. Nilai lebih dari Soto Betawi di Sarinah ini, dia sediakan di atas ‘kompor kecil’ atau hot pot dengan api menyala dari lilin. Jadi, bisa dinikmati dalam keadaan tetap panas.

Makanan Khas Betawi
Soto Betawi Bang Japri di atas hot pot

Penyajian Soto Betawi menggunakan hot pop ini bisa dibilang, menambah nilai plus kulineran di sini. Karena, harga yang relatif murah untuk sekelas mall, Sobat Cariers mendapatkan penyajian mewah. Sangat cocok buat yang gemar foto-foto kulineran.

Oh ya, Sobat Cariers yang mampir ke Soto Betawi Bang Japri juga bisa banget berfoto di boothnya. Pasalnya, Soto Betawi Bang Japri mempunyai dekorasi khas Ondel-Ondel yang merupakan maskotnya budaya Betawi.

Harga kulineran Soto Betawi di sana cukup murah bila dibilang sekelas ukuran mall. Harga menu makan dibandrol dengan harga Rp 38.500. Menu makanan khas Betawinya ada Babanci Tempo Doeloe, Gabus Pucung Encang, Mujair Pecak Encing, Laksa Cing Enah, Nasi Ulam, Nasi Uduk, Ayam Goreng Meister, Asinan Betawi, Gado-Gado Nyak Nio, Ketoprak Ngkong dan Nasi uduk Bang Japri. Menu selain soto punya harga mulai Rp 29.500 sampai 45.500.

Info lengkap soal lokasi, testimoni, jam buka dan tutup, maupun foto menu bisa dicek melalui aplikasi pencari tempat, Cari Aja ya Sobat Cariers.

Makanan Khas Betawi
Soto Betawi Bang Japri di aplikasi Cari Aja

 

Makanan Khas Betawi
ada peta menuju Soto Betawi Bang Japri di aplikasi CariAja

 

Makanan Khas Betawi Kedua: Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Makanan Khas Betawi
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Gak jauh dari Sarinah, Sobat Cariers bisa jalan kaki menuju ke Nasi Kambing Kebon Sirih lewat jalan Subang. Oh ya, di jalan Subang ini ada juga Makanan Khas Betawi. Namanya, Mie Juhi. Bisa banget mampir ke Mie Juhi yang mangkal di sekitaran jalan Subang. Sedikit info, sore, Mie Juhi udah abis. Jadi, bisa berbru di siang hari.

Lanjut, setelah ke jalan Subang, jalan lagi menuju Nasi Kambing Kebon Sirih. Lokasi pasnya, di depan masjid BUMN. Jadi, Nasi Kambing Kebon Sirih dimasak menggunakan minyak samin sebagaimana tradisi masakan sop kaki kambing khas Betawi.

Keunggulan lainnya dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang sudah ada sejak tahun 1958 ini menyajikan potongan daging kambing besar-besar. sehingga, harga satu porsi nasi goreng yang cukup mahal akan sebanding dengan porsi nasi goreng yang banyak, daging yang besar-besar dan acar disajikan satu piring khusus.

Makanan Khas Betawi
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih selagi hangat

 

Makanan Khas Betawi
Acar Nasi Goreng Kambing

Apabila Sobat Cariers mau mencicipi kuliner ini, bisa mampir pukul 17.00 sampai pukul 02.00 malam. Jam ramai Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sehabis magrib dan isya. Jadi, disarankan mampir sekitar pukul 17.00 atau pukul 20.00.

Pelayanan di sini bisa dikatakan super cepat. Hanya memerlukan waktu kurang lebih satu menit, pesanan biasanya sudah datang. Hal ini karena, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih dimasak langsung dalam jumlah yang sangat besar loh Sobat Cariers. Jadi, setiap ada pembeli, nasi goreng yang sudah matang, siap disajikan ke pelanggan.

Makanan Khas Betawi
Proses memasak Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Harga satu porsi nasi goreng kambing dibandrol seharga Rp 37.000. Menu nasi goreng lainnya dijual seharga mulai Rp 27.000 sampai 60.000.  Kalo Sobat Cariers kebingungan mencari lokasi, bisa banget nih pakai aplikasi pencarian tempat Cari Aja. Sudah ada reviewnya di sana yang akan membantu Sobat Cariers.

Makanan Khas Betawi
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih di dalam aplikasi CariAja
Makanan Khas Betawi
aplikasi pencarian tempat Cari Aja

 

Makanan Khas Betawi Ketiga: Kerak Telor Monas

Makanan Khas Betawi
Pedagang Kerak Telor Monas

Terakhir, ini sih wajib banget bagi Sobat Cariers yang dari luar kota dan ingin jalan-jalan ke Jakarta. Kerak telor yang menjadi makanan khas Betawi ini bisa Sobat dapatkan di Monas. Lokasi gak jauh dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.

Sobat Carieris bisa lewat masjid BUMN, dan keluar lewat pintu masuk gedung BUMN. Apabila sudah keluar dari gedung BUMN, Sobat Cariers tinggal jalan saja ke Monas, menuju Lenggang Jakarta.

Makanan Khas Betawi
Lenggang Jakarta

Berlokasi di Monas, Lenggang Jakarta. Sobat Cariers bisa beli aneka macam makanan khas Betawi di sana. Bahkan, selain makanan, tersedia juga oleh-oleh khas Jakarta. Kaos, gantungan kunci, patung, mainan bajaj, sampai mini ondel-ondel.

Makanan Khas Betawi
Oleh-oleh yang dijual di Lenggang Jakarta
Makanan Khas Betawi
Sepatu yang dijual di Lenggang Jakarta
Makanan Khas Betawi
Kaos-kaos yang dijual di Lenggang Jakarta

Kerak telor khas Betawi ada dua pilihan; menggunakan telor ayam atau telor bebek. Rekomendasinya pastinya telor bebek. Harga satu porsi berkisar Rp 20.000 sampai Rp 25.000.

Makanan Khas Betawi
Kerak Telor Monas
Makanan Khas Betawi
Proses pembuatan Kerak Telor

Nah itu dia aneka makanan khas Betawi yang bisa Sobat Cariers buru saat berkunjung ke Jakarta. Rekomendasi ini saya berikan mengingat jarak lokasi yang sangat dekat. Semua bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Saran saya, download aplikasi pencarian tempat, CariAja. Karena, aplikasi ini nanti bisa sangat membantu Sobat Cariers saat cari makan enak di daerah yang belum Sobat ketahui. Ditunggu kedatangan Sobat Cariers semua di Jakarta.

Penulis: Nur Said Rahmatullah