Jakarta sebagai ibukota Indonesia juga menyimpan kekayaan kuliner yang beragam karena penduduknya berasal dari beragam daerah di Indonesia. Ketika bulan puasa tiba, ada banyak jajanan takjil yang akan diburu sebagai menu buka puasa. Berikut adalah 5 hidangan takjil favorit di Jakarta yang paling banyak diburu saat bulan puasa tiba.

1. Kue Jongkong

takjil favorit di Jakarta, Kue Jongkong
Kue Jongkong

Kue jongkong termasuk hidangan takjil yang tidak membuat mual siapapun yang baru pertama kali mengkonsumsinya. Kue yang satu ini terbuat dari perpaduan tepung beras, tepung kanji, tepung ketan, santan, dan parutan kelapa muda. Citarasa gurih manis yang dihasilkan kue ini semakin membuat ketagihan saat disajikan dengan saus gula merah.

2. Bubur Kampiun

takjil favorit di Jakarta, Bubur Kampiun
Bubur Kampiun

Bubur kampiun sebenarnya adalah menu buka puasa khas Sumatera Barat. Namun demikian, di salah satu sudut kota Jakarta ada tempat favorit yang menjajakan bubur kampiun dan membuatnya menjadi menu favorit saat buka puasa. Bubur kampiun sendiri bisa diracik dari 5-6 jenis bubur manis, seperti bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil, ketan putih kukus, dan kolak ubi. Perpaduan semua bubur manis tersebut akan terasa meleleh di mulut dan mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

3. Nasi Kapau

Nasi kapau termasuk takjil favorit di Jakarta. Nasi kapau sendiri berasal dari Sumatera Barat dan hidangan nasi kapau ini biasanya dikombinasikan dengan gulai nangka, teri balado, atau rendang. Karena nasi kapau ini disajikan dengan menu makanan yang dijamin membuat kenyang dan kolesterol tinggi, akan lebih baik Cariers mengkombinasikan konsumsi makanan ini dengan es buah atau air putih.

4. Bubur Sumsum

takjil favorit di Jakarta, Bubur Sumsum
Bubur Sumsum

Selain bubur kampiun, ada bubur sumsum yang menjadi takjil favorit di Jakarta saat buka puasa. Bubur sumsum memiliki citarasa manis gurih dan biasanya disajikan dengan menggunakan cairan gula merah. Pada saat kamu memakannya, bubur yang lembut dan gurih akan terasa lumer di mulut.

5. Es Buah

Menu ini adalah menu standar di beragam sudut ibukota. Ada banyak pedagang yang menjual menu es buah sebagai menu buka puasa. Umumnya pedagang es buah akan mengkombinasikan buah-buahan segar, seperti alpukat, mangga, sirsak, mutiara, selasih, dan santan. Dengan tambahan es batu, menu ini bisa menjadi pemuas dahaga setelah seharian berpuasa.

Selain 5 takjil favorit di Jakarta di atas, masih banyak menu buka puasa lain yang bisa didapatkan di Jakarta. Berikut adalah tempat-tempat yang bisa Cariers tuju untuk mendapatkan menu takjil yang sama nikmatnya.

Pasar Benhil

Pasar Benhil terletak di daerah Bendungan Hilir. Pasar tiban yang selalu ada saat bulan puasa sejak belasan tahun yang lalu ini menjajakan beragam menu makanan ringan hingga berat. Di sini menu khas yang bisa dengan mudah Cariers temui adalah bubur kampiun dan kue jongkong. Selain kedua menu tersebut, kamu juga bisa mencari aneka gorengan, jajan pasar, atau hidangan kerak telor khas Betawi.

Jalan Soka

Saat Cariers tinggal di kawasan Jakarta Utara, kamu mungkin tidak akan asing dengan jalan Soka. Pada saat bulan puasa tiba, jalan ini penuh dengan penjual makanan takjil favorit di Jakarta yang bisa menjadi alternatif menu berbuka puasa. Kamu bisa menemukan beragam gorengan, kue basah, atau nasi padang dengan harga yang relatif terjangkau.

Pasar Tebet

Pasar Tebet tidak hanya dikenal sebagai tempat yang menjajakan pakaian distro dengan harga terjangkau. Saat bulan puasa tiba, kamu bisa menemukan beragam jenis makanan yang dijajakan oleh penjual setempat, mulai dari es cendol, es cincau, gorengan, dan beragam menu takjil lainnya. Untuk bisa membeli menu yang ada di daerah ini Cariers juga tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Namun demikian, karena lokasi pasar Tebet termasuk jalur lalu lintas yang tidak luput dari macet, kamu perlu bersabar saat ingin pulang setelah berbelanja di kawasan ini.

Kramat Raya

Kramat Raya adalah wilayah di Jakarta Pusat yang terkenal dengan kuliner khas Sumatera Barat. Kamu bisa menemukan beragam jenis makanan khas Sumatera Barat, mulai dari lemang tapai, bubur kampiun, hingga nasi kapau. Ketika Cariers tergolong orang yang sangat suka dengan menu berkuah santan gurih pedas, kamu bisa mencicipi aneka masakan di daerah ini dengan harga terjangkau.

Gandaria

Di daerah Jakarta Selatan ada jalan Gandaria yang juga ramai penjual hidangan takjil favorit di Jakarta saat bulan puasa tiba. Cariers bisa menemukan beragam hidangan ringan, seperti kue basah, kue jongkong, sop buah, kolak biji salah, dan kue panada. Kawasan pedagang takjil yang satu ini juga sangat ramai dengan penjual es kelapa muda.

Nah, jika kamu sedang ada di daerah Jakarta saat bulan puasa tiba, jangan lupa untuk datang ke kawasan kuliner di atas, demi mendapatkan menu takjil favorit di Jakarta yang lezat dan higienis. Biar gak nyasar, jangan lupa download aplikasi pencarian tempat, Cari Aja ya! 🙂