Halo Cariers, dingin-dingin begini enaknya makan bakso dengan kuah lezat yang panas. Hmmm, ada yang penasaran 5 bakso paling enak di Bogor? Ya, bakso memang makanan favorit sejuta umat di Indonesia.

Makanan favorit orang Indonesia ini terbuat dari daging, umumnya daging sapi atau ayam atau ikan ini berbentuk bulat dan disantap bersama mie kuning atau mie putih, bihun beserta kuah kaldu sapi yang nendang. Lebih nikmat lagi ditambah berbagai pelengkap seperti tetelan, tahu bakso atau pangsit. Cleguk, nulis begini saja mendadak lapar! Hihi.

Nggak heran, warung baksopun bisa kita temukan di mana saja. Habisnya, makanan most wanted sih, bersaing dengan nasi goreng dan soto mungkin, ya? Bagaimana dengan Kota Hujan, Bogor? Bakso juga jadi favorit warga Bogor. Di sini, bertebaran warung bakso. Mulai dari kelas restoran hingga gerobak dorong. Bakso nikmat banget apalagi disantap kala flu melanda atau sedang hujan, ya ampun surga dunia banget, Cariers! Kayak lagi nge-date dengan Babang Hamish Daud! Wkwkwk…

Kali ini, aku ingin berbagi 5 bakso paling enak di Bogor. Buat Cariers penggemar bakso yang ingin mencicipi bakso di Bogor tapi buta arah di sini, tenang jangan khawatir sekarang ada aplikasi pencarian lokasi Cari Aja. Aplikasi seru karya anak bangsa yang bisa kamu jadikan teman perjalanan. Mulai dari mencari alamat, tanya arah dan lainnya beres deh berkat aplikasi ini. Jadi, nggak bakalan tersesat deh di Bogor! Di mana saja bakso paling enak di Bogor? Intip yuuk..

1. Bakso PMI

Bakso ini termasuk paling hits di Bogor. Berawal dari warung tenda di sekitar Rumah Sakit PMI Bogor di Jalan Pandu Raya, Tegal Gundil, kini memiliki sekitar 4-5 cabang di Bogor. Walaupun membuka banyak cabang, pemilik warung berusaha menjaga cita-rasa bakso resep turun-temurun peninggalan orangtua mereka sejak puluhan tahun lalu.

bakso paling enak di Bogor, Bakso PMI Bogor
Bakso PMI Bogor. Sumber: hellobogor.com

Andalannya adalah bakso rudal yang berukuran besar dan daging banget alias tepungnya sedikit. Kuah kaldunya yang menguning dan kaya rempah menggugah selera. Aih, bakso paling enak di Bogor ini bikin ngiler nih, Cariers!

 

2. Bakso Seuseupan

Bakso Seuseupan juga bisa jadi pilihan berburu bakso enak di Bogor. Sama seperti bakso PMI, bakso ini juga buka beberapa cabang di Bogor dengan kelezatan sama. Salah satunya di Jalan Bangbarung Raya No.5C, Bantarjati, Bogor.

bakso paling enak di Bogor, Bakso Seuseupan
Bakso Seuseupan. Sumber: IG Rachma Fitri

Kuah beningnya begitu menggoda. Baksonya kenyal dan nikmat, uniknya ada lemak sapi yang digoreng juga disajikan di mangkoknya. Jadi lupa diet! Variannya pun beragam yaitu bakso urat, bakso urat campur, bakso telur dan mie ayam bakso. Bakso paling enak di Bogor bener-bener endess, Cariers!

 

3. Bakso Boedjangan

Nah, kalau bakso ini termasuk baru di Bogor. Tapi sudah ramai dikunjungi wisatawan. Beralamat di Jalan Ahmad Yani No.26, Bogor. Berbeda dengan warung bakso lain yang terbilang sederhana, bakso Boedjangan ini lebih tepat dibilang restoran, dan IG-able pisan. Hehe.

bakso paling enak di Bogor, Bakso Boedjangan
Bakso Boedjangan. Sumber: IG @baksoboedjangan

Suasananya asyik buat nongkrong bareng sahabat. Menunya pun anti mainstream diantaranya bakso super mozarella, bakso super keju dan bakso super wagyu. Slurppp, kebayang enaknya bakso paling enak di Bogor yang satu ini!

 

4. Bakso Misterius

Bakso ini juga baru saja launching di Bogor, tepatnya Mei 2017. Bakso paling enak di Bogor ini beralamat di Jalan Pandu Raya atau Jalan Ahmad Adnajaya No. 163. Nama warungnya adalah Bakso Misterius, yang salah satu menu andalannya adalah bakso misterius. Unik banget dan bikin penasaran ya, Cariers? Setelah memesan semangkuk bakso, barulah aku mengerti kenapa dinamakan bakso misterius.

bakso paling enak di Bogor, Bakso Misterius
Bakso Misterius. Sumber: @baksomisterius

Iyaa, sebab dalam satu mangkok bakso mix,  kita akan mendapat beberapa jenis bakso dengan penampakan mirip. Kita nggak akan tahu bakso apa itu sebelum mencicipinya, hihi. Bisa-bisa kena jebakan Betmen, ya! Jadi ingat permen Harry Potter ya! Dalam semangkok bakso pedas, ada Bakso Hijau Pedas, Bakso Ranjau Hitam, Bakso Urat Berserat, dan Bakso Banjir Keju. Seru yaaa, ada sensasi tersenditi di setiap kunyahannya. Awas, dapat bakso pedas!

 

5. Bakso Boboho

bakso paling enak di Bogor, Bakso Boboho
Bakso Boboho. Sumber: Anggi Windu

Bakso ini juga bikin mabuk kepayang, Cariers! Lokasinya strategis di Jalan Bangbarung Raya No. 51, Bogor. Keistimewaannya adalah ada bonus tetelan yang digoreng renyah di dalam setiap mangkok baksonya. Ini dia yang jadi rebutan pengunjung di kedai sederhana ini! Kalau datang kesorean, Cariers bakal kehabisan tetelan ini. Huhu. Selain itu, bakso bakar juga jadi pilihan favorit di kedai bakso ini, Cariers!

Nah, bagaimana 5 bakso paling enak di Bogor rekomendasiku? Jangan lupa, kalau piknik ke Bogor cicipi satu-persatu ya, Cariers! Jangan lupa download aplikasi Cari Aja biar acara piknik Cariers makin seru. Ditunggu ceritamu, ya!

Penulis: Dewi Rieka