Musim hujan seperti ini paling enak makan makanan pedas. Selain bisa bikin keringat bercucuran, kuliner pedas juga bisa meningkatkan nafsu makan lho. Hayo ngaku siapa yang suka kalap makan kalau lagi makan makanan pedas? Salah satu kota yang memiliki kuliner pedas adalah Malang. Kondisi udara yang cenderung sejuk dingin, kuliner pedas jadi alternatif untuk menghangatkan badan Cariers. Bagi warga Malang atau kamu yang sedang berlibur ke sana, kamu bisa mencoba kuliner pedas di Malang berikut ini yang rasanya sudah terkenal enak dan bikin mulut kepanasan.

1. Sego Lombok Mbah Buyut

Dalam bahasa Indonesia Sego Lombok artinya nasi cabe. Sudah terbayang bagaimana kan pedasnya? Sego Lombok Mbah Buyut ini memiliki bahan utamanya tentu saja nasi putih dan sambal cabe dengan lauk pelengkap seperti ikan tuna asap, ceker kepala sayap, cumi bumbu sampai tulang – tulang atau balungan ayam.

kuliner pedas di Malang, Sego Lombok Mbah Buyut, Cari Makan Aja
Sego Lombok Mbah Buyut. Carimakanaja.com, (Foto: IG @dietbesokaja_)

Meskipun cita rasa utamanya adalah pedas, tapi lauk pelengkapnya punya bumbu yang terasa dan tidak hambar. Perpaduan keduanya sangat pas apalagi kamu yang suka kuliner pedas. Untuk menikmati satu porsi kuliner pedas di Malang ini kamu hanya perlu membayar mulai Rp7000 an tergantung lauk yang dipilih. Sudah enak terjangkau lagi.

Sego Lombok Mbah Buyut mulai buka dari pukul 11 siang sampai 7 malam. Lokasinya berada di Jalan Bunga Kumis Kucing Jatimulyo, Lowokwaru, Malang.

2. Ayam Lodho

Jika melihat tampilannya, mungkin kamu akan terkecoh dari bayangan rasanya. Sekilas Ayam Lodho seperti opor ayam dan tidak termasuk kuliner pedas. Istimewanya Ayam Lodho tidak menggunakan daging ayam biasa, tapi menggunakan ayam kampung yang sudah dipanggang, kemudian diberi kuah santan kental yang rasanya pedas.

kuliner pedas di Malang, Ayam Lodho, Cari Makan Aja
Ayam Lodho. Carimakanaja.com, (Foto: IG @omicateringmlg)

Kuah santan kental inilah yang menjadikan Ayam Lodho masuk jajaran kuliner pedas di Malang. Warna kuahnya sendiri sama seperti kuah opor dan tidak menampakan rasa pedas sama sekali. Padahal kuah ini ditaburi dengan cabe rawit utuh yang jumlahnya banyak. Rasa gurih dan super pedas dari kuah santan, daging ayam kampung panggang yang manis akan bikin makan kamu makin lahap.

Biasanya Ayam Lodho dihidangkan dengan nasi putih hangat, sambal dan urap. Harga satu porsi Ayam Lodho lengkap dengan nasi mulai dari Rp17.000 an. Salah satu tempat makan Ayam Lodho yang terkenal di Malang adalah Kedai Nasi Ayam Lodho Bondan yang berada di Jalan Candi Bajang Ratu No. 12 D, Malang.

3. Jangan Pedes Tangkilsari

Kuliner pedas di Malang ini terdiri dari kuah bersantan yang isinya sayuran dan tambahan bahan seperti daging, ayam, tempe, tahu, telur dan ikan. Rasa pedas masakannya bisa kamu rasakan dari aroma yang tercium dari mulai kamu memasuki tempat makannya lho. Apalagi saat memakannya langsung ya.

kuliner pedas di Malang, Jangan Pedes Tangkilsari, Cari Makan Aja
Jangan Pedes Tangkilsari. Carimakanaja.com, (Foto: IG @diarysivika)

Salah satu tempat makan Jangan Pedes yang terkenal di Malang adalah Warung Tangkilsari yang ada di Jalan Raya Tangkilsari No. 37, Tajinan, Malang. Di sini rata – rata jangan atau sayur berkuahnya memiliki cita rasa pedas. Tapi jangan khawatir pedasnya bukan seperti kamu makan cabe rawit utuh tapi rasa pedasnya berpadu dengan rasa gurih bumbu lainnya.

Biasanya teman makan Jangan Pedas Tangkilsari adalah nasi jagung bukan nasi putih. Selain jadi makin nikmat, nasi jagung yang memiliki rasa manis bisa jadi penetral sayurnya yang pedas. Tidak Jangan Pedes, ada berbagai macam lauk pauk seperti cumi masak hitam, bebek goreng dan masih banyak lagi. Jika ingin makan di Warung Tangkilsari sebaiknya jangan saat makan siang, karena akan ramai sekali. Satu porsi Jangan Pedes mulai dari 10 ribuan saja tergantung jenis Jangan Pedes yang dipilih.

4. Mie Cobek

Kuliner pedas di Malang selanjutnya adalah Mie Cobek. Kuliner ini terdiri dari bahan utama mie, sambal cobek dan berbagai pilihan topping. Tidak perlu khawatir untuk kamu yang tidak kuat terlalu pedas, level sambalnya bisa di sesuaikan mulai dari level 1 sampai 10.

kuliner pedas di Malang, Mie Cobek, Cari Makan Aja
Mie Cobek. Carimakanaja.com, (Foto: IG @miecobek)

Menu mie cobek yang bisa kamu coba ada mie cobek itu sendiri, mie manis, mie asin hingga yang berkuah mie kuah cobek. Kemudian kamu bisa memilih berbagai macam topping seperti babat, sapi cincang, ayam cincang dan masih banyak lagi. Tidak hanya mie cobek dengan topping, kamu juga bisa mencoba menu spesial seperti mie cobek dengan pelengkap lauk ayam geprek.

Satu porsi mie cobek harganya berkisar mulai dari 10 ribu sampai 23 ribuan. Mie Cobek buka mulai jam 9 pagi sampai 10 malam. Lokasinya berada di Jalan Kawi Atas 34 B, Malang.

5. Sego Sambel Cak Uut

Kuliner pedas di Malang yang sekilas mirip seperti kuliner Surabaya adalah Sego Sambel Cak Uut. Seperti namanya makanan ini terdiri dari nasi putih, sambal pedas dan berbagai macam lauk pauk sebagai pelengkapnya. Sego Sambel Cak Uut punya dua jenis sambal yaitu sambal tumpang dan sambal bawang.

kuliner pedas di Malang, Sego Sambel Cak Uut, Cari Makan Aja
Sego Sambel Cak Uut. Carimakanaja.com, (Foto: IG @nanakoot_culinary)

Menu andalan di sego sambel ini adalah sego sambel cumi hitam pete. Perpaduan rasa lauk dan sambalnya yang pedas, menu tersebut banyak dipesan oleh pengunjung. Tapi menu lainnya juga tidak kalah enak seperti sego sambel cakalang, ikan asin pete, jengkol, lele dan masih banyak lagi.

Harga satu porsinya juga terjangkau mulai dari 3 ribu sampai 60 ribuan. Lokasi Sego Sambel Cak Uut berada di Jalan Simpang Raya Langsep No 41, Pisang Candi, Malang.

Berani coba yang mana nih Cariers? Dijamin deh keringet bercucuran setelah mencicipi kuliner pedas di Malang tersebut. Apalagi dicoba saat musim hujan seperti ini. Makin mantap!

Jangan lupa tambahkan tempat favorit makan kuliner pedas di aplikasi Cari Aja ya 🙂 Kamu akan lebih mudah mencari tempat favorit dalam satu tempat lho.