Tempat jual takjil di Jakarta tidak akan pernah sepi begitu Ramadhan tiba. Beragam takjil mulai dari penganan tradisional hingga masakan khas penjuru tanah air dapat ditemukan di lokasi–lokasi yang menyebar di beberapa kawasan ibu kota ini. Kira-kira ada dimana aja ya Cariers? Simak artikel berikut:

Jakarta Pusat

Di Jakarta Pusat, terdapat beberapa lokasi yang berubah menjadi tempat jual takjil di Jakarta ketika Ramadhan datang, yaitu:

1. Benhil Central, Bendungan Hilir

Bendungan Hilir, Tempat jual takjil di Jakarta
Aneka jajanan di Bendungan Hilir

Bendungan Hilir atau yang akrab dengan sebutan Benhil tidak lagi asing bagi pemburu takjil di bulan Ramadhan. Es buah, es cendol, es sirup, serabi, otak–otak, aneka gorengan, kolak, kue lapis, talam, biji salak, dan bubur sumsum dapat ditemukan di sini. Bahkan aneka lauk dan sayur untuk makan berat  seperti ayam bakar, sate padang, gudeg, dan lontong opor pun tersedia dan siap dinikmati. Tak perlu takut dengan kemacetan, karena tenda–tenda ini tertata rapi di Benhil Central. Selain berburu takjil menjadi lebih nyaman, harganya yang ramah pun pas di kantong.

2. Jalan Kramat Jaya, Senen

Berada dekat dengan gedung bioskop di kawasan Senen, berjajar tempat jual takjil di Jakarta. Yang membuat takjil di Jalan Kramat Raya berbeda adalah kekhasan penganan dan olahannya, yaitu masakan khas Minang. Mulai dari bubur kampium, srikaya telur, hingga lamang tapai yang begitu terkenal dapat ditemukan di sini. Tidak puas hanya dengan penganan pembuka, bolehlah melirik aneka lauk dengan bumbu khas Minang seperti itik bumbu sambal hijau, ayam bakar bumbu minang, dan paru goreng. Sebagai pelengkap pokok, nasi kapau pun siap dibungkus dan disantap.

3. Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng

Masjid Agung Sunda Kelapa tidak hanya penuh dengan anak–anak yang mengaji sembari menunggu bedug Maghrib, tetapi juga oleh penjaja takjil yang siap menjamu dengan aneka menu khas Ramadhan. Gorengan, jajanan pasar, sate padang, sate ayam, hingga ketoprak khas Betawi tersedia di masing – masing stand yang berdiri di pelataran sekitar masjid.

 

Jakarta Timur

Pasar Rawa Mangun menjadi legenda bagi para pemburu takjil di kawasan Jakarta Timur. Selain strategis, tempat jual takjil di Jakarta ini juga berdekatan dengan Terminal Rawa Mangun yang tak pernah sepi dengan hiruk pikuk pendatang maupun pelancong. Maka, tidak perlu heran apabila pasar ini begitu penuh menjelang musim mudik.

Aneka menu yang disediakan terbilang lengkap mulai dari jajanan pasar seperti kue talam, kue cucur, onde–onde, lumpia, kolak, hingga masakan berbumbu seperti kepiting saus padang, sate padang, ayam goreng, dan ikan goreng dapat dipilih dengan bebas. Tidak ketinggalan aneka es untuk menyegarkan badan seperti es cendol, es buah, es sarang burung, dan es rumput laut. Harganya tentu sesuai dengan ukuran kantong dan jenis penganan yang diminati.

 

Jakarta Barat

Jakarta Barat pun memiliki pasar takjil dadakan, tepatnya di Jalan Panjang. Mie juhi, oncom, buntil, kerak telor, cakwe, dan aneka ragam es dapat ditemukan di sini. Beragam pilihan kue kering untuk menyambut lebaran pun dapat dipesan di pasar yang terletak di kawasan Kebon Jeruk ini.

Jalan Panjang, Tempat jual takjil di Jakarta
Penjual Es di Jalan Panjang

Sayangnya, untuk berburu kuliner khas Ramadhan di Jalan Panjang memerlukan sedikit kesabaran. Lapak dan tenda tempat jual takjil di Jakarta ini tidak beraturan dan kurang rapi membuat area ini nampak padat. Belum lagi kendaraan yang seringkali parkir di sembarang tempat dan menambah kemacetan. Agar tidak terjebak dalam suasana yang semrawut, ada baiknya untuk berburu takjil sedikit lebih awal di pasar yang beroperasi hanya di bulan Ramadhan ini.

 

Jakarta Utara

Jakarta Utara memusatkan lokasi perburuan takjil di Jalan Soka yang berada di kawasan Rawa Badak dan berdekatan dengan Pasar Ular. Aneka menu takjil di sini juga beragam mulai dari jajanan pasar, kolak, bubur, es buah, cendol, hingga aneka masakan seperti ayam bakar, ikan bakar, dan sate padang.

Meskipun sama–sama berstatus sebagai pasar Ramadhan dadakan, tetapi berburu takjil di tempat jual takjil di Jakarta lebih nyaman dibandingkan dengan di Jalan Panjang. Perkumpulan pemuda dan warga setempat mengatur setiap tenda dan lapak sedemikian rupa sehingga terlihat lebih rapi dan jauh dari kemacetan. Penasaran dimana lokasi tepatnya? Jangan lupa download Cari Aja aplikasi pencarian lokasi, buat ke sana ya!

 

Jakarta Selatan

Jakarta Selatan juga memiliki beberapa tempat jual takjil di Jakarta yang terkenal bagi pemburu takjil, ini dia Cariers:

1. Gandaria

Tempat jual takjil di Jakarta
Tempat jual takjil di Gandaria

Gandaria begitu terkenal dengan para penjual es kelapa muda di sepanjang jalan. Begitu Ramadhan datang, jajanan nan segar ini semakin lengkap dengan hadirnya beragam menu berbuka seperti gorengan, kolak, biji salak, bubur, dan sop buah.

2. Masjid Pondok Indah

Rendang, dendeng, sate padang, hingga ayam panggang dapat ditemukan di pelataran Masjid Pondok Indah ketika memasuki bulan Ramadhan. Tidak hanya makanan berat, aneka pudding, es, serta sup dapat juga diperoleh di salah satu tempat berburu takjil di Jakarta ini.

Persiapkan dirimu ya cariers buat berburu takjil di tempat jual takjil di Jakarta yang sudah di-share di atas 🙂